PETUA DAN HERBA

Buah Mengkudu, Khasiat dan Kesan Sampingannya

Mengkudu atau dikenali dengan Bahasa latin sebagai morinda citrifolia. Mengkudu berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae.

Dalam perubatan tradisonal, ia dipercayai mempunyai banyak khasiat untuk kesihatan. Walau bagaimanapun secara perubatan ia masih diragukan dan memerlukan kajian yang klinikal dan penelitian untuk membuktikannya.

Buah ini dipercayai mengandung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang boleh mencegah penyakit.

Jenis fitokimia yang ada antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Menurut penelitian, belum ada cukup bukti yang kuat untuk menyimpulkan kesan positifnya pada kesihatan.

Sementara itu, mengkudu juga mengandungi sejumlah nutrisi-nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat.

Ada sebagian masyarakat yang percaya buah ini dapat mengobati berbagai penyakit, antara lain demam, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit jantung, psoriasis, HIV, kanser dan lain-lain.

Khasiat Mengkudu

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengaji khasiat mengkudu. Penelitian menunjukkan hasil yang positif, namun hanya berlaku pada haiwan dan kajian laboratorium.

Sementara untuk manusia, penelitian baru saja dimulai. Jadi belum ada bukti secara perubatan yang kuat untuk keabsahan manfaat mengkudu dalam mengatasi berbagai masalah kesihatan pada manusia.

Berikut ini adalah hasil penelitian mengkudu pada manusia yang masih memerlukan kajian lebih lanjut.

1. Menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala dapat muncul karena adanya penegangan pada bagian otot dan saraf pusat. Analgesik yang terkandung dalam mengkudu membantu mengurangkan sakit kepala dan bertindak sebagai penahan sakit.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Kandungan xeronin sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

Selain membantu menurunkan tekanan darah, kandungan zat fitonutrien yang terdapat dalam mengkudu dipercaya juga mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga akan meringankan kinerja organ jantung Anda secara maksimal.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Selain betik yang kaya akan serat, buah mengkudu juga termasuk buah yang kaya akan kandungan tersebut. Bahkan kandungan serat pada mengkudu bisa dikatakan lebih berkhasiat dari pada buah betik.

Kesan Pengambilan Buah Mengkudu

Langkah terbaik sebelum mengambil buah mengkudu sebagai alternatif adalah dengan mendapat nasihat doktor terlebih dahulu dan jika terdapat kesan selepas mengambil mengkudu segeralah mendapatkan rawatan dari doktor bertauliah.

Pengambilan mengkudu memberi kesan buruk kepada beberapa golongan, antaranya:

1. Ibu hamil dan menyusui. Sejak dahulu kala, mengkudu dipercayai memberi kesan buruk untuk janin.

Hindari buah ini jika Anda sedang hamil. Meski belum ada penelitian yang kuat, lebih baik hindari mengkudu jika Anda sedang mengandung dan menyusui bayi.

2. Memiliki penyakit organ hati. Mengkudu dikaitkan dengan penyakit yang boleh merosak organ hati. Beberapa orang yang mengambil mengkudu dalam bentuk teh dan jus dilaporkan mengalami kerosakan organ hati setelah meminumnya selama berminggu-minggu.

Namun hingga kini belum jelas apakah kerosakannya disebabkan oleh mengkudu atau hal lainnya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya hindari mengkudu jika Anda memiliki penyakit organ hati agar tidak bertambah parah.

3. Memiliki kadar potasium tinggi. Pengambilan mengkudu boleh meningkatkan kadar potasium Anda menjadi makin tinggi.

Potasium tinggi pada tubuh bisa menyebabkan kelelahan, mual, sulit bernafas, penyakit ginjal, serta yang paling parah adalah kelumpuhan dan masalah jantung. Penderita penyakit ginjal sebaiknya menghindari produk ini.

 

Sumber: Perkongsian daripada laman sosial

Leave a Comment